SSL (Secure Socket Layer) sebenarnya adalah sebuah keamanan tambahan yang digunakan pada protokol komunikasi seperti TCP/IP. biasa nya ketika kita menggujungi sebuah website yang belum mengimplementasikan SSL maka browser akan memberikan alert bahwa website yang kalian kunjungi “Tidak aman” atau berjalan pada http , oleh karena itu lahir https yang mengimplemtasikan fungsi dari SSL. biasanya https berjalan pada port 443 sedangkan untuk http berjalan pada port 80.

biasanya SSL di implementasikan pada website atau apps yang memiliki transaksi riskan atau beresiko tinggi di dalam proses nya.

SSL ini banyak di sediakan oleh para penyedia layanan hosting dan domain , ada yang dijual terpisah dari paket hosting dan domain. adapula yang terbudle dalam arti diberikan secara gratis oleh penyedia layanan.

Kebetulan mimin mendapat fasilitas SSL gratis dari , penyedia layanan domain hosting langganan mimin. bisa di lihat disini di sini

Kebetulan mimin sudah memakai layanan dari provider tersebut sekitar 2 tahun, yaitu mulai 2016 sampai dengan sekarang dan kualitas pelayanan nya tergolong memuaskan. jika kalian belum punya layanan tersebut kalian bisa beli disini

Kebetulan mimin, mendapatkan SSL gratis, jadi mimin tinggal melakukan konfigurasi pada hosting control panel. di hosting mimin kebetulan menggunakan cPanel , selanjutnya mimin tinggal login .

Setelah kalian berhasil masuk pada panel , selanjutnya kalian cari pada dasboard tersebut menu yang berkaitan dengan security.

Disitu mimin mendapatkan fitur SSL yang di tambahkan oleh provider yaitu “Let’s Encrypt SSL” , klik menu tersebut maka kalian akan di arahkan pada list domain kalian.

lalu , klik action button issue

pada konfigurasi terkahir ini untuk mengaktifkan wildcard , kalian perlu merubah ke dns-01 pada , sebelumnya jangan lupa chek domain yang akan kalian berikan sertifikasi SLL setelah itu klik issue.

untuk wordpress kalian perlu menambahkan plugin SSL, sebenarya banyak tapi rekomendasi dari provider adalah Really Simple SSL. sedangkan untuk website jika belum teredirect kalian perlu menambahkan kode di bawah ini pada .htacsess

Sampai pada tahap ini seharusnya , domain kalian sudah berjalan pada https , and done

Oh iya thanks, to Niagahoster

Bagiin dong :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *